Resep Takjil Istimewa : Bubur Kampiun

Resep terbaru dari Resepna untuk sajian takjil istimewa bulan ramadhan anda, Bubur Kampiun. Salam jumpa pembaca Resepna,, berikut ini adalah resep bubur kampiun yang tentu sangat menggoda selera pembaca. Sajian sehat yang bagus untuk buka puasa maupun hidangan takjil suasana ramadhan anda. Yap silahkan simak apa saja bahan dan bagaimana tahap-tahap membuatnya.. okeh - selamat membaca..

Resep Takjil Istimewa : Bubur Kampiun

1. Bahan Kolak Pisang :
  1. 2 buah pisang tanduk, potong2
  2. 500 ml santan
  3. 150 gram gula merah
  4. 1 sdt garam
  5. 1 lembar daun pandan

2. Bubur Candil
  1. 150 gram tepung ketan
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1/4 sdt air kapur sirih
  4. 100 ml air hangat
  5. 300 ml air
  6. 100 gram gula merah
  7. 1 lembar daun pandan
  8. 1 sdm tepung beras, larutkan dengan sedikit air

3. Bubur Sumsum
  1. 300 ml santan
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1 lembar daun pandan
  4. 100 gram tepung beras, cairkan dengan sedikit santan

4. Ketan Hitam
  1. 250 gram ketan hitam kukus, siap pakai
  2. 1/2 btr kelapa setengah tua, parut panjang

5. Cara Membuat bubur kampiun

1. kolak pisang: didihkan santan, gula merah, garam dan daun pandan. masukkan potongan pisang  lalu masak hingga pisang matang, angkat dan sisihkan.

2. Bubur Candil: campur rata tepung ketan, garam dan air kapur sirih. tuang air hangat, uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Ambil sedikit adonan lalu bentuk bola-bola kecil, sisihkan.

3. Didihkan air, gula merah dan daun pandan. Masukkan bola-bola kecil lalu masak hingga mengapung. Tambahkan larutan tepung beras, masak hingga kental lalu angkat dan sisihkan.

4. Bubur Sumsum: Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan larutan    tepung beras, aduk sampai matang dan kental, angkat, sisihkan.

5. Penyajian: Siapakan mangkuk, letakkan bubur sumsum, bubur candil, kolak pisang, ketan halus, dan kelapa parut. Sajikan untuk empat porsi.


Demikian tadi adalah resep istimewa untuk anda, jangan lupa baca juga Resep-resep pilihan ramadhan lainnya,, selamat mencoba semoga bermanfaat..